Sabtu, 14 November 2009

AnTena Buat apa...??

ANTENA, BUAT APA?
Apr 08, 2009 at 07:00 AM


KAMU sudah baca tentang cara kerja radio kan? (baca disini ). Nah salah satu perangkat yang penting adalah antena. Apa sebenarnya fungsi antena itu? Dimana saja kita mengenal istilah Antena itu? Dan apa saja jenis-jenis antena itu? Kenapa antena Radio kamu harus panjang, sementara antena handphone kamu cukup pendek saja?
Banyak arti yang dikenal dari antena, dalam bidang elektronika, antena berarti alat yang berfungsi untuk menerimadan memancarkan gelombang radio (termasuk juga radio teleskop) . Dalam bidang biologi, antena berarti “alat” yang digunakan oleh mahlik hidup sebagai indera, pemberi informasi kepada tubuh (biasanya pada hewan arthropoda).

Antena radio adalah alat yang berfungsi untuk “menangkap” dan “memancarkan” gelombang elektromagnetik. Antena mengubah gelombang elektromagnetik tersebut menjadi arus listrik, begitu juga sebaliknya. Antena dapat bekerja di mana saja gelombang elektromagnetik bisa “menjalar” di udara terbuka, hampa udara, di dalam air atau di dalam lorong bawah tanah sekalipun.

Antena sebenarnya adalah sebuah logam atau kabel yang di bentangkan sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi untuk menangkap dan memancarkan gelombang.

Bentuk antena disesuaikan dengan kebutuhan, dan juga panjang gelombang yang dipancarkan atau diterima oleh antena tersebut. Sebuah pemancar milik staasiun pemancar harus memiliki tinggi ratusan meter agar dapat menyiarkan gelombang sesuai frekuensi radio tersebut.



Misal Radio RRI jakarta yang memiliki gelombang AM 999 khz akan memilki panjang antena sepanjang 75 meter. (kecepatan rambat gelombang diudara adalah 300 juta m/detik, maka panjang gelombangnya adalah ¼ dari 300 jt / 999 ribu = 75 m, ayo ada yang tahu darimana angka itu muncul?, diskusikan dengan teman dan guru kamu deh) dan seharusnya radio penerima kamu juga harus memiliki antene sepanjang itu, namun gelombang yang dipancarkan dari stasion radio di kota cukup kuat untuk bisa ditangkap oleh antene kecil di radio kamu.

Handphone kamu memiliki gelombang 900 MHz (juga 1800 Mhz) yang berarti hanya memiliki antena penerima sepanjang 4-8 cm (apalagi antena juga bisa di “tekuk” sehingga lebih ringkas lagi).

Bentuk antena bermacam macam, coba saja liat bentuk antena televisi, antena radio, antene parabola, dan sebagainya. Pola penyebaran antene juga ada yang searah (directional) dan ada juga yang menyebar (omnidirectional).Semua memiliki fungsi yang sama kok, menerima dan meyebarluaskan gelombang elektomagnetik.

Nah, sekarang coba amati bangunan-bangunan tinggi di sekitar kamu, bisa jadi salah satunya terdapat antena, dan coba kamu amati antena untuk keperluan apakah itu?***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa)


E-mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar