Sabtu, 14 November 2009

Buat aPa Bola-Bola Pada Kabel Tegangan Tinggi..??

BUAT APA BOLA-BOLA PADA KABEL TEGANGAN TINGGI ?
Apr 23, 2009 at 07:00 AM

SAAT kamu berjalan-jalan dan kebetulan melewati bentangan kabel listrik, adakah hal yang menarik yang kamu perhatikan? Selain tiang-tiang kabel bertegangan tinggi serta seliweran kabel, apakah kamu pernah memperhatikan adanya bola-bola berwarna terang yang tersusun di salah satu bentangan kabel tersebut? Tapi kenapa tidak semua kabel yang terbentang di tiang listrik itu memiliki bola-bola itu? Apakah maksud dan kegunaan untaian bola-bola tersebut?
Nah, apakah kamu tidak menyangka, bahwa bola-bola itu adalah untuk menarik perhatian para pilot pesawat terbang atau helikopter. Ya, begitulah, saat hendak mendaratkan pesawat/helikopter di landasan atau tempat yang agak luas, sang pilot juga harus hati-hati terhadap bentangan kabel-kabel listrik.

Kabel listrik yang terbantang biasanya agak sulit “terlihat” dari angkasa. Nah oleh karena itu dipasang bola-bola yang berwarna cerah, yang terbukti lebih “terlihat” dari udara.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan, kenapa tidak semua tiang listrik bertegangan tinggi memiliki “bola-bola”. Hanya kabel yang membentang di sekitar bandara atau tempat yang luas yang memiliki bola-bola tadi. Sebagai petunjuk bagi para “angkasawan” agar tidak “menabrak” kabel-kabel listrik bertegangan tinggi itu.

Ayo, sebutkan dan amati dimana saja kamu melihat bola-bola di kabel listrik ya..***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar