Sabtu, 14 November 2009

Kain Adalah Jalinan Serat

KAIN ADALAH JALINAN SERAT
Jan 06, 2009 at 07:00 AM


COBA amati baju kamu, kain seprai kamu, semuanya terbuat dari kain. Coba kamu amati lebih dekat, kain itu terdiri jadi jalinan benang-benang, kan?. Terbuat dari apakah benang yang membentuk kain itu? Apakah benang itu memiliki jenis tertentu? Dan bagaimana pengaruhnya kepada mutu kain yang dihasilkannya?

Kain itu dibentuk dari kumpulan benang atau serat. Serat atau benang adalah zat yang panjang, tipis dan mudah dibengkokkan (lentur). Serat ini dapat terbentuk dari bahan alami maupun buatan. Coba deh kamu “suntikkan” susu ke dalam cairan asam cuka (tanyakan ibu kamu di dapur), kamu akan mendapatkan “serat susu”.

Serat alami, ada yang berasal dari tumbuhan, misal serat kapas dari tumbuhan kapas, serat linen dari batang tumbuhan linum usitatissimun, dan juga serat rami dari batang tumbuhan boehmeria nivea. Ada juga serat alami yang berasal dari hewan, misal serat wool dari bulu domba, serat sutera dari kepompong ulat sutera.

Serat buatan, ada yang berupa “modifikasi” serat alami, seperti serat RAYON. Juga yang “murni” buatan, seperti Nylon, Polyester, dan juga serat logam.

Masing-masing serat memiliki sifat yang membuat bahan memiliki sifat sesuai kebutuhan. Sifat-sifat serat antara lain : Kehalusan dan panjang serat, Kekuatan, Keseragaman serat, Gesekan serat, daya serap, dan elastisitas atau kelenturan. Kesemua sifat tersebtu akan menentukan sebuah bahan menjadi enak di gunakan, sejuk, menyerap keringat, dan sebagainya. Hal ini juga menentukan bagaimana cara pakaian kamu harus dicuci atau di setrika.

Coba amati terbuat dari bahan apakah baju yang paling kamu sukai?***

(dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar